--> Skip to main content

Rekomendasi Blog Terbaik untuk Belajar Menjadi Blogger Sukses

Belajar ngeblog bagi pemula sekarang ini sangat mudah. Kebanyakan para mastah blogger sudah membagikan semua tips dan trik maupun pengalalamannya selama menjadi blogger. Jadi biarpun kamu masih baru kenal blog tentu akan mudah mengikutinya. Ada pepatah mengatakan bahwa buah kelapa jatuh tidak jauh dari pohonnya. Oleh karena itu, supaya kita bisa kecipratan sukses, harus belajar dengan orang yang sudah sukses juga. Jika ingin sukses di dunia blogger maka harus belajar dengan orang yang sudah berpengalaman di per-bloggeran. Berikut saya sajikan beberapa situs mastah blogger yang bisa menjadi tempat belajar blog yang tepat.
rekomendasi blog terbaik untuk belajar menjadi blogger sukses

Daftar ini saya buat berdasarkan pengalaman saya selama ini dalam belajar ngeblog. Saya banyak belajar dari mereka mulai dari cara buat blog, memilih template blog, menulis artikel, membuat tampilan blog menarik, SEO dll. Sampai akhirnya sekarang alhamdulilah sudah bisa merasakan penghasilan dari yang namanya ngeblog.

Nah, jika kamu ingin belajar ngeblog dan merasakan penghasilan dari profesi blogger, silahkan belajar melalui beberapa blog terbaik pilihan saya berikut.

Sugeng.id


Blog yang menyajikan tutorial blogger lengkap dari A sampai Z.

Bingung ngeblog mulai dari mana? Apa saja yang diperlukan? Bagimana cara membuatnya? Jika iya kamu bisa membaca tutorial blogger yang ada di blog mas sugeng ini. Semua dibahas lengkap dari dasar hingga sampai cara publish artikel.

di blog ini juga mas sugeng membeberkan secara jelas apa-apa saja senjata yang digunakan dalam ngeblog selama ini. Sekedar kamu tahu bahwa mas sugeng ini adalah blogger yang mempunyai artikel kebanyakan berada di page one. Jadi sudah pasti tutorial dan tips yang mas sugeg bagikan bukanlah teori tapi juga sudah teruji.

Strukturkode.blogspot.com


Blog yang menyajikan artikel tentang tutorial blog, SEO, bisnis online dll.

Blog ini adalah blog milik mas didin ajidin. Dia adalah orang yang bergelut dibidang IT dan pemrograman. Loh, kok blognya masih blogspot gan? Masih gratisan?

Tunggu dulu jangan lihat gratisan tidaknya, tapi lihat isi blognya. Biarpun di kata hanya menggunakan sub domain blogspot, blog ini terkenal selalu nangkring di page one google untuk artikel seputar seo dan blog. Jika kamu ingin belajar tentang SEO dasar hingga menengah bisa membaca artikel yang ada di blog ini. Artikelnya juga lengkap, kebanyakan berdasarkan pengalaman pemilik blog tersebut. Kesahihannya sudah tidak diragukan lagi.

Kompajaib.com


Blog yang menyajikan tutorial blogging khususnya desain blog dan SEO.

Pengen tampilan blog yang keren, sesuai dengan aturan google dan selalu mengikuti perkembangan mesin pencari? Kompiajaib lah tempatnya! Blog kompiajaib adalah blog yang dikelola oleh mas Adhy Suryadi. Beliau sangat ahli dalam membuat template blog elegan, fast loading dan tentunya tidak kalah SEO. Salah satunya desain template yang terkenal adalah template yang sedang saya gunakan ini.

Salah satu kelebihan dari blog ini adalah selalu update jika ada hal-hal yang baru seputar blog dan adsense. Beliau ini juga termasuk orang yang menjadi pelopor boomingnya template amp di tanah air ini. Selain itu, Mas Adhy ini orangnya sangat ramah. Itulah yang saya suka belajar dari kompiajaib.

Arlinadzgn.com


Blog yang menyajikan tips dan tutorial seputar blog, widget dan template khsusus blogger.

Tempat belajar seputar widget dan desain blog terbaik selanjutnya adalah arlina design. Blog ini sudah terkenal jika masalah template bloggernya. Baik yang versi premium maupun yang free semuanya lengkap tinggal pilih.

Selain menyediakan template, arlina design juga membagikan tips dan tutorialnya seputar tips blogger. Seperti tutorial widget, script blog dll seputar desain blog lengkap di bahas disini. Silahkan kamu pelajari sesuai kebutuhan.

Panduanim.com


Membahas tentang internet marketing dan SEO.

Rekomendasi terakhir blog terbaik yang bisa dijadikan tempat untuk belajar ngeblog adalah panduanIM. Sebenarnya blog ini untuk kamu yang sudah berada di kelas menengah hingga kebawah. Namun untuk pemula tidak ada salahnya juga untuk belajar disini.

Blog ini kebanyakan membahas tentang internet marketing dan SEO. Artikel yang disajikan juga sangat lengkap sampai-sampai membutuhkan waktu lebih dari 10 menit untuk membacanya. namun ilmu yang akan kamu dapatkan juga tidak main-main. Jika kamu ingin membuat konten yang berkualitas dan strategi pemasaran yang baik, disinilah tempatnya!

Sekian artikel tentang rekomendasi blog terbaik yang bisa dijadikan tempat untuk belajar blog bagi pemula. Sebenarnya masih banyak blog diluar sana yang bisa dijadikan tempat belajar, namun selama saya ngeblog itulah beberapa situs yang menjadi acuan saya selama ini untuk belajar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TipsdanTrik.web.id

Tambahkan aplikasi TipsdanTrik di smartphone tanpa install, buka TipsdanTrik dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TipsdanTrik dari layar utama smartphone Anda.