--> Skip to main content

Kesalahan Fatal bagi Seorang Blogger dan Youtuber Pemula

Terkadang sebagai blogger maupun youtuber kita tidak sadar jika sedang melakukan kesalahan. Bahkan setelah dilakukan sampai berulang kalipun kita tidak tahu bahwa itu ternyata kesalahan. Itulah salah satu deritanya menjadi seorang beginner alias newbie.

Obesesi yang sangat besar ingin segera sukses seperti yang sudah berpengalaman. Sering tidak sadar bahwa yang berpengalaman dulunya butuh waktu yang lama untuk sukses. Saya dulu juga seperti ini, selalu pengennya cepat-cepat jadi blogger dan youtuber terkenal. Padahal postingan blog saja masih bisa dihitung jari.
Kesalahan fatal blogger dan youtuber pemula

Pada artikel ini saya akan membeberkan beberapa kesalahan fatal yang biasa dilakukan oleh blogger dan youtuber pemula. Kesalahan ini adalah kesalahan yang sangat fatal, jangan sampai kamu melakukannya.

1. Berpikir bahwa blogger dan youtuber adalah cara mudah mencari uang


Kesalahan fatal yang pertama adalah kesalahan berpikir bahwa mencari uang lewat blog dan youtube itu mudah. Jika kamu termasuk orang yang berpikiran seperti ini, maka kamu sudah salah besar. Kamu mungkin pernah membaca artikel para mastah blog maupun youtube yang sudah berhasil mendulang uang hingga jutaan, dan akhirnya kamu berpikir "wah kok gampang sekali ya tiap bulan bisa gajian jutaan".

Terus akhirnya tertarik untuk buat blog dan youtube dengan tujuan ingin cepat dapat uang. Maka jika seperti ini yang akan kamu dapatkan pasti nihil! Saya perjelas, menjadi blogger dan youtuber itu bukan cara cepat untuk dapat uang. Silahkan baca enaknya ngeblog jika sudah punya banyak blog dan pengunjung. Jika belum, maka perlu bersusah-susah dulu untuk mendatangkan pengunjung. Sesudah mendapatkan pengunjung yang lumayan baru lah kamu bisa mengharapkan dapat uang.

2. Pengen diterima adsense tapi syarat-syarat daftarnya belum paham


Ini kesalahan fatal yang kedua. Ingin diterima google adsense tapi malah syarat untuk bisa mendaftar saja tidak tahu. Kalau ini sepertinya memang kelewatan atau males cari tahu ya. Padahal diberbagai blog baik artikel maupun video sudah menjelaskan panjang lebar tentang ini. Kalau masih belum tahu juga khusus untuk mendaftar adsense blog supaya paham coba baca memahami kalimat penolakan yang ada pada email balasan google adsense.

3. Demi mencari pengunjung dan view tebar link kemana-mana


Ini mungkin sudah sangat sering dilakukan. bahkan untuk komunitas yang sudah jelas-jelas melarang untuk tebar link masih saja di embat. Memang tujuannya bagus untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, namun caranya salah. Nanti bukannya pengunjung yang akan didapat tetapi malah report as spam yang akan kamu dapat. Ujung-ujungnya artikel dan video malah diabaikan oleh penelusuran karena banyaknya yang report sebagai spam. Bahkan lebih parahnya lagi jika dibanned!

Kalau mau cari pengunjung kita juga harus tahu dimana tempatnya yang pas dan cocok. Ibaratnya begini, kita ingin jual ayam tapi malah jualnya ditempat toko elektronik. Gimana kira-kira perasaan penghuni toko elektronik tersebut? Pasti akan marah kan alias tidak suka. Sama saja jika kita tebar link tapi tempatnya tidak sesuai.

4. Malas membaca tips atau cara blogger dan youtuber sukses, tapi pengen jadi kayak mereka.


Kesalahan yang terakhir kebanyakan blogger dan youtuber jaman sekarang adalah malas membaca. Padahal semua ilmu apapun itu yang berharga pasti selalu dituangkan dalam bentuk tulisan. Pengennya sukses seperti mereka tapi kok malas mencari tahu caranya?

Untuk menjadi blogger dan youtuber sukses mau tidak mau kita harus rajin membaca. Karena kita akan dituntut untuk lebih tahu daripada pembaca. Jadi saran saya, sebaiknya kamu kepoi blog-blognya mastah yang kamu anggap sukses dan bisa diikuti jejaknya. Amati semuanya dari bagaiamana dia menyajikan konten sampai ke kondisi channel maupun blognya.

Ingat cara terbaik untuk belajar adalah dengan membandingkan sesuatu. Seumpama begini contoh simpelnya, kamu pengen tahu kenapa selama ini selalu ditolak saat mendaftar google adsense? Untuk tahu lebih jelasnya kamu bisa membandingkan kondisi blog maupun channel youtube yang sudah diterima dengan punyamu sendiri. Kira-kira apa yang kurang sehingga kamu selalu di tolak? Seperti itulah cara belajar yang simpel dan praktis.

Sebagai penutup, apapun pekerjaannya tidak pernah ada pekerjaan yang instan langsung bisa menghasilkan uang banyak secara cepat. Kamu tahu mie instan? Mie instan yang sudah jelas-jelas tertulis kata "instan" masih perlu direbus. Apalagi yang tidak ada instannya?

Kuncinya tetap semangat, percaya saja bahwa usaha tidak akan pernah menghianati hasil.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TipsdanTrik.web.id

Tambahkan aplikasi TipsdanTrik di smartphone tanpa install, buka TipsdanTrik dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TipsdanTrik dari layar utama smartphone Anda.