--> Skip to main content

Siapa bilang ngeblog itu tidak susah? Ngeblog itu susah dan ribet!

Mungkin ada yang beranggapan ngeblog itu mudah, hanya perlu nulis artikel. Siapa bilang? Ngeblog itu tidak cukup hanya sesimpel itu. Kamu perlu mengetahui beberapa hal yang lain. Seperti SEO, koding meskipun sedikit dan ilmu desain.

Jaman sekarang sudah banyak sekali blogger yang bermunculan. Mulai dari yang blogger sejati sampai yang abal-abal hanya modal copy-paste. Oleh karena itu jika hanya bermodal menulis artikel kita tidak akan mampu untuk bersaing di antara jutaan blogger tersebut.
Ngeblog itu susah dan ribet

Bukannya ngeblog itu yang penting menulis artikel?


Iya benar. Ngeblog memang hal utamanya menulis artikel. Emang menulis artikel hanya cukup menulis saja? Tidak! kamu masih harus mencari gambar pendukung yang cocok, mengeditnya, membuat deskripsi gambar, link internal dan penggunaan subheading, quote dll.

Belum lagi ditambah kalau ada fitur yang tidak berfungsi atau bahkan error di bagian tertentu. Pasti kamu bakalan pusing tujuh keliling jika tidak tahu dasarnya. Lebih parahnya lagi jika kamu tidak tahu jika terjadi error pada blog. Bisa berakibat buruk jika dibiarkan terus menerus.

Tidak cukup hanya disitu, ngeblog juga butuh pengetahuan SEO. Bagaimana caranya supaya artikel yang kamu tulis bisa berada di halaman pertama. Sehingga berpotensi untuk dibaca banyak orang. Jika kamu tidak tahu ilmu SEO gimana caranya mau bersaing?


Apa saja ilmu yang dasar yang diperlukan dalam ngeblog?


1. Ilmu menulis artikel yang baik

Menulis artikel juga ada ilmunya. Tidak hanya sekedar menulis tanpa memperhatikan susunan kalimatnya. Sebisa mungkin kita membuat pengunjung paham apa maksud dan inti dari artikel yang kita tulis. Pengaturan judul, tautan permanen, deskripsi penelusuran dan pemilihan gambar juga harus diperhatikan.

2. Ilmu SEO

Bukannya SEO itu tidak penting? Kan google sudah mengupdate algoritmanya? SEO adalah ilmu atau gaya dalam ngeblog dan gaya dalam ngeblog itu akan terus berkembang mengikuti perkembangan google. Jadi SEO tetaplah penting. SEO itu luas mencakup cara penulisan artikel, pemilihan domain sampai ke pemilihan template blog. Jadi SEO tidak hanya tentang backlink. SEO itu adalah gaya kita dalam ngeblog. Salah satu contoh SEO silahkan baca 7 tips praktis membuat artikel blog masuk halaman 1 google.

3. Tahu dasar koding

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa penting bagi seorang blogger untuk belajar juga bahasa pengkodean. Hal ini bertujuan agar kita dapat memperbaiki hal yang salah atau error di blog dan mengikuti perkembangan yang terjadi. Sehingga jika ada fitur baru kita tidak pusing bagaimana cara menerapkannya. Ingin memodif template agar terlihat beda juga mudah!

Setidaknya kamu tahu 3 ilmu dasar dalam negblog tersebut sudah cukup untuk menjadi blogger besar. Karena para blogger besar dulunya adalah pemula seperti kita. Jadi gimana ngoblog itu susah atau tidak?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TipsdanTrik.web.id

Tambahkan aplikasi TipsdanTrik di smartphone tanpa install, buka TipsdanTrik dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TipsdanTrik dari layar utama smartphone Anda.