--> Skip to main content

Solusi Sederhana Jika Ngeblog Sudah Mulai Males

Aktivitas ngeblog memang terkadang membuat kita jenuh. Terlebih lagi jika tidak ada ide untuk membuat postingan tertentu. Ngeblog hanya sekedar menulis artikel dan tidak ada timbal baliknya. Artinya sangat jarang orang yang komen di blog tersebut. Pasti akan terasa sangat membosankan. Semua orang pernah merasakan dilema males ngeblog ini.

Saya sendiri terkadang juga merasakan hal demikian. Contohnya blog ini, padahal dulunya setelah ganti domain TLD saya berencana untuk konsisten mengupdatenya. Tapi nyatanya blog ini baru sempat saya update lagi kemarin. Bukan karena kesibukan yang menghalangi tapi karena emang perasaan malas yang lagi menjangkiti saya.
cara mengatasi males ngeblog

Saya salut kepada orang khususnya yang bisa mengelola blog lebih dari 2 blog secara individu. Karena saya tahu itu tidak mudah. Saya sendiri sudah membuktikannya dengan mengelola 2 blog tld dan 1 blog blogspot masih kocar kacir tidak menentu.

Memang jika dibayangkan enak sekali. Misalnya jika kamu punya satu blog dengan iklan google adsense mampu menghasilkan 500 ribu dalam sebulan. Seandainya kamu punya 3 blog saja maka akan menjadi tiga kali lipatnya, artinya sudah bisa gajian perbulan. Enakkan? Tapi ternyata merealisasikannya cukup sulit. Terlebih lagi kita harus benar-benar menyajikan informasi yang bermanfaat.

Namun ada tips sederhana yang bisa membantu kamu yang sedang males ngeblog untuk semangat lagi. Simak berikut tips sederhanya:

1. Ubah tampilan blog

Salah satu hal yang menjadikan semangat kembali lagi adalah dengan mengganti tampilan ngeblog. Saya yakin jika kamu dibelikan sebuah baju baru yang bagus pasti akan senang sekali. Begitupun yang saya terapkan pada blog ini. Saya mengganti tampilannya supaya lebih menarik. Setelah saya ganti akhirnya terbukti ada update postingan pada blog ini. Hal ini membuktikan bahwa dengan mengganti tema blog dapat membangkitkan lagi gairah saya dalam ngeblog.

2. Sering berinteraksi dengan blogger lain

Penyebab kedua dari males ngeblog adalah blog yang sepi. Untuk mengatasi ini jika kamu tidak terlalu sibuk sempatkan untuk berkunjung dan meninggalkan komentar di blog orang lain. Dengan begitu kemungkinan besar blog yang kamu miliki akan mendapatkan kunjungan dan komentar balik. Bahkan jika beruntung kamu akan mendapatkan pengikut atau pembaca setia yang baru.

Oke itu saja tips sederhana dari saya yang bisa menjadi solusi jika timbul perasaan malas untuk ngeblog. Jika kamu punya tips lain silahkan di share.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TipsdanTrik.web.id

Tambahkan aplikasi TipsdanTrik di smartphone tanpa install, buka TipsdanTrik dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TipsdanTrik dari layar utama smartphone Anda.