--> Skip to main content

Windows 10 Creators Update adalah Versi Terbaik dari Windows 10

Windows 10 cerator update adalah lanjutan dari versi update sebelumnya yaitu windows anniversary update. Rilis sekitar bulan oktober lalu dengan mengusung berbagai perbaikan khsusnya di bagian daya, kinerja dan keandalannya. Pihak windows sendiri mengklaim bahwa fall creator update adalah versi terbaik dari windows 10.

Kamu pasti tahu bahwa windows 10 sebelumnya terdapat beberapa masalah. Terutama permasalah tombol start menu yang lama muncul ketika diklik. Selain itu tombol pencarian juga sangat lama dalam merespon. kemudian kinerja windows sebelumnya juga terkesan berat dan masih banyak driver beberapa laptop yang tidak kompatibel.
Windows 10 Creators Update
Windows 10 Creators Update

Apa kelebihan windows 10 creator update sehingga windows mengklaim bahwa ini adalah versi terbaik?

Pada website resminya windows menjelaskan bahwa windows 10 ini adalah yang terbaik, khususnya dalam hal daya, kinerja dan keandalan. Tiga hal inilah yang menjadi fokus perbaikan oleh pihak windows. Karena saya penasaran, akhirnya saya mengupdate windows 10 pro ke windows 10 creator update. Setelah menggunakan sampai hari ini saya memang merasakan perbedaan dalam hal kinerja. Kalau masalah tampilan, tidak ada perbedaan yang mencolok. Hanya terkesan lebih smooth saja.

Apa saja kelebihan utama yang ada pada windows 10 creator update?

Setelah menggunakannya selama kurang lebih satu bulan, saya merasakan perbedaan yang signifikan khususya dalam hal berikut.

#1 Tombol start menu dan pencarian tampil lebih cepat

Ini adalah perbedaan mendasar pertama yang saya rasakan. Windows 10 versi sebelumnya jika kita meng-klik pada start menu atau pencarian maka akan lama munculnya. Terlebih lagi jika laptop sedang terkoneksi dengan jaringan internet. Hal itu tentu sangat mengganggu karena terkadang kita harus mencari aplikasi yang terinstall melalui start menu atau pencarian di windows.

Ternyata masalah tersebut juga menjadi perhatian pihak windows. Sehingga sekarang dengan hadirnya creator update ini masalah lamanya muncul start menu sudah hilang. Kini kamu dapat menikmati kinerja windows yang ringan.

#2 Terdapat mode night light

nigh light mode windows 10 creator update
Night light mode windows 10 creator update

Mode night light adalah mode dimana display windows akan otomatis berubah memancarkan semacam cahaya orange. Hal ini akan mengurangi pancaran sinar yang menuju langsung ke mata. Dengan mode ini monitor laptop akan tampak smooth dan tidak menyilaukan saat penggunaan di malam hari. Sehingga tidak mengakibatkan mata cepat lelah untuk penggunaan dalam waktu yang lama.

Mode ini dapat kamu atur melalui menu setting di windows 10. Tingkat pancaran sinar orangenya juga dapat kamu sesuaikan sendiri. Sangat menarik bukan?

#3 Peningkatan masa pakai baterai

Peningkatan masa pakai baterai tidak terlalu terasa bagi saya. Namun saya akui bahwa laptop saya meskipun baterainya sudah agak tidak normal masih bisa tahan hampir 4 jam ketika dicas penuh. Biasanya waktu daya tahan baterai tidak sesuai dengan indikator namun setelah update meskipun tinggal sedikit masih bisa menyala.

Pihak windows sendiri mengklaim bahwa dengan berselancar menggunakan browser microsoft edge dapat meningkatkan masa pemakaian baterai hingga 17%.  Menonton film offline dengan aplikasi Film & TV dapat menghemat daya hingga 5%. Namun saya terkadang malas menggunakan fitur ini karena kurang nyaman.

#4 Fitur keren lainnya

Selain beberapa fitur yang saya sebutkan di atas, ada juga fitur baru yang lain yaitu:
  1. Menambah pengaturan mode game di system settings
  2. Mobile hotspot: Sistem berbagi jaringan laptop ke perangkat lain
  3. Sistem keamanan yang lebih baik dengan windows defender security center
  4. dll

Sekian artikel tentang windows 10 creator update yang katanya menjadi versi terbaik dari windows 10 semoga bermanfaat!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TipsdanTrik.web.id

Tambahkan aplikasi TipsdanTrik di smartphone tanpa install, buka TipsdanTrik dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TipsdanTrik dari layar utama smartphone Anda.