--> Skip to main content

7 Tips praktis membuat artikel blog rangking 1 di hasil pencarian googe

Tips membuat artikel blog rangking 1 di hasil pencarian googe - Tipstrik News kali ini akan berbagi tentang bagaimana caranya supaya artikel yang kita buat bisa masuk ke rangking 1 hasil pencarian google atau minimal 10 besar.

Suatu kebanggan tersendiri bagi kita apabila artikel yang kita buat menduduki halaman pertama di hasil pencarian google. Hal itu tentu akan membuat kita semakin semangat untuk menulis artikel kan??

Tips membuat artikel blog rangking 1 di hasil pencarian googe

Tapi saya kok nulis artikel udah banyak tapi gak pernah masuk halaman pertama ya??

Tidak usah berkecil hati, kamu beruntung sedang membaca artikel ini. Ini adalah cara yang biasa saya gunakan untuk optimasi setiap blog yang saya kelola dan alhamdulilah rangkingnya tidak buruk.

Baiklah tidak perlu basa basi lagi langsung saja ke TKP!

Berikut 7 tips supaya artikel rangking 1 di pencarian google:

1. Buat artikel yang lengkap dan mengatasi permasalahan secara tuntas

Kalau kamu mengangkat sebuah masalah dalam artikel yang kamu buat pastikan bahwa kamu menuliskan dan menjelaskan semua penyelesaian yang diperlukan masalah itu hingga tuntas.

Sehingga pengunjung yang datang ke blog kamu akan merasa puas. Sehingga lain waktu kalau dia akan mencari informasi larinya bakalan ke blog kita.


2. Buat artikel panjang dan berkualitas

Percaya atau tidak artikel yang panjanng memang lebih di sukai oleh google, dan itu sudah terbukti jelas.

Blog Panduan IM contohnya. Semua panduan di blog ini di tulis secara tuntaas dan bahasa yang digunakan mudah di pahami sehingga pengunjung tidak akan bosan meskipun harus membaca berjam-jam.

Tapi ingat jangan asal panjang, tpi memang harus betul-betul berkualitas.

Buatlah artikel senatural mungkin. Kalau memang temanya ruang lingkupnya singkat ya jangan di panjang-panjangkan. Nanti akibatnya jadi kacau gak jelas.


3. Sajikan semenarik mungkin

Kenapa harus menarik???

Ya, harus! google mempunyai aloritma yang mampu mengikuti perilaku manusia.Oleh karena itu apabila blog tidak menarik = sepi pengunjung = traffik rendah. Akhirnya rating blog di pencarian jadi menurun.

Namun apabila blog mudah dibaca, terstrukur dan menarik pasti orang akan betah lama-lama tinggal di dalam. Ibarat rumah kotor sama yang bersih kamu pilih mana??

Pasti milih yang bersihkan? sama halnya dengan pengunjung blog.


4. Gunakan judul artikel yang menarik

Judul artikel juga memegang peranan penting dalam menentukan apakah blog masuk di rating halaman pertama atau tidak. Judul yang menarik adalah judul yang menimbulkan rasa penasaran, beda dari yaang lain, serta kaya akan  LSI atau berisi kata kunci utama.

Saya sarankan untuk menggunakan long tail keyword (judul yang agak panjang).


5. Manfaatkan tautan permanent dan deskripsi penelusuran

Hal ini  keliatan sepele tapi ini juga menjadi faktor yang penting dalam menunjang masuk tidaknya artikrl blog ke rating pertama.

Isikan tautan permanent dengan kata kunci utama dan singkat.

Tips praktis membuat artikel blog rangking 1 di hasil pencarian googe

Jangan lupa untuk memanfaatkan bagian deskripsi penelusuran diatas sesuai dengan keyword yang di bidik.


6. Berikan attribut pelengkap

Attribut pelengkap disini yang saya maksudkan adalah media penjelas dalam artikel. Misalnya gambar, video, atau musik. Hal itu sangat penting. Karena mesin pencari jug memperhatikan mana artikel yang lengkap dan mana yang tidak.


7. Gunakan template blog yang responsive dan fast loading

Emang template juga ngaruh ya ???

Jawabannya iya. Template yang mempunyai struktur data bagus akan mudah bersahabat dengan google.

Antara template yang berat dan ringan kira-kira mana yang lebih bagus??

Sudah pasti yang ringan dan fast loading kan??

Kenapa??

Karena google tidak butuh waktu lama untuk memahami apa yang ada di website sobat. Otomotis google akan mengindeks semua artikel di blog.

Cukup sekian 7 tips yang saya bagikan disini. Mudah-mudahan ada manfatnya. Tipstrik News akan selalu memperbaharui dengan senang hati setiap artikel yang kadaluarsa atau tidak sesuai.

Maka dari itu apabila sobat punya pengalaman lebih silahkan berbagi..:)


Regards;

+Pemulung Jalanan

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TipsdanTrik.web.id

Tambahkan aplikasi TipsdanTrik di smartphone tanpa install, buka TipsdanTrik dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TipsdanTrik dari layar utama smartphone Anda.