--> Skip to main content

Tips Menulis Artikel Blog agar Masuk di Page One

Artikel bisa masuk halaman pertama google merupakan impian dari setiap penulis blog. Banyak sekali orang yang saking ingin artikelnya masuk page one sehingga struktur penulisan artikelnya terlalu banyak mengulang keyword tertentu. Alhasil, bukannya bertengger dihalaman pertama tapi justru terlempar jauh.

Menurut saya tidak ada rumus pasti yang bisa digunakan untuk membuat artikel juara di search engine. Mungkin saja ada pola yang berlaku tapi itu tidak selamanya berhasil. Google setiap hari meningkatkan kemampuan indeks dari mesin pencarinya. Salah satu trik SEO yang sudah tidak berlaku adalah menyematkan terlalu banyak kata kunci yang sama. Dulu artikel yang semakin banyak pengulangan kata kunci maka dialah yang menang, tapi sekarang tidak lagi. Silahkan baca 7 tips praktis membuat artikel blog rangking 1 di hasil pencarian google.
tips menulis artikel agar masuk pageone 

Strukur penulisan artikel yang bagus

Sekarang banyak faktor yang mempengaruhi masuknya artikel di posisi pertama. Jika kamu mengelola blog baru seperti saya ini akan sangat susah untuk melawan blog-blog yang sudah berpage rank tinggi. Sehingga cara satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah memperbaiki penulisan artikel. Artikel yang bagus tidak serta merta langsung masuk halaman pertama google, tapi secara bertahap rangkingnya pasti akan meningkat. Bagaimana struktur penulisan artikel yang baik? Simak langkah-langkah berikut.

1.  Letakkan kata kunci pada paragraf pertama.

Gunakan paragraf pertama sebagai ringkasan tentang apa yang akan di bahas dalam artikel. Sebar keyword secara alami dan jangan memaksakan keyword jika memang tidak cocok. Misalnya sebagai contoh, pada paragraf pertama di atas kalimat pertama saya adalah (judul artikel) - (sambung kalimat berikutnya).

Penggunaan keyword seperti itulah yang harus kita hindari. Google sampai sekarang memang mengutamakan kata kunci di awal paragraf, namun kamu harus ingat bahwa google menyukai artikel yang alami (untuk pembaca) bukan mesin.

2. Google akan mencari kata dan padanan kata yang relevan dari keyword yang diketik si pencari

Maksudnya adalah jangan hanya memasukkan kata kunci utama saja. Hal ini dmaksudkan agar artikel yang kita buat kaya akan kata kunci. Sehingga jika kata kunci utama yang kita bidik gagal, masih ada kemungkinan untuk kata kunci yang lain.

3. Apakah kata kunci muncul di judul artikel, url, dan deskripsi artikel?

Ini adalah fasilitas yang wajib kamu manfaatkan. Pastikan semuanya sudah terisi sesuai dengan keyword yang diinginkan. Hal ini akan membantu google mengidentifikasi dan memperkuat relevansi artikel yang kita buat dengan isi artikel. Untuk mandapatkan hasil yang makasimal pastikan judul, url dan deskripsi sesuai dengan inti (maksud) dari artikel yang dibuat. Baca selengkapnya cara mengoptimalkan meta description di blogger.

4. Jangan ragu untuk memasang tautan yang relevan dan memperjelas konten artikel.

Kebayakan dari blogger adalah pelit memberikan backlink, sehingga tidak pernah memberikan link aktif atau link dofollow keluar. Padahal jika memang link tersebut bisa memperjelas artikel yang kamu buat dan mempunyai reputasi yang baik akan membantu mendongkrak artikel. Ibarat sebuah jurnal, pencantuman sumber yang berkualitas juga menandakan bahwa artikel yang dibuat mempunyai nilai yang tinggi.

5. Tulis dengan pembahasan yang teratur

Poin yang tidak kalah pentingnya adalah buat artikel yang kamu tulis mempunyai kesan mudah dipahami. Google juga menilai bagus tidaknya sebuah artikel dari perilaku pembaca. Hal ini akan berpengaruh dengan lama tidaknya artikel berada di posisi pertama.

Itulah tips menulis artikel agar masuk di page one. Tidak ada jaminan bahwa cara tersebut berhasil, tapi saya yakin dengan cara itu akan memperbesar peluang masuknya artikel ke halaman pertama google.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TipsdanTrik.web.id

Tambahkan aplikasi TipsdanTrik di smartphone tanpa install, buka TipsdanTrik dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TipsdanTrik dari layar utama smartphone Anda.