--> Skip to main content

Terkait Masalah Ads txt yang Tetap Muncul di Akun Google Adsense

Banyak blogger mengeluh peringatan  ads txt yang tetap muncul, meskipun sudah memasangnya di blog. Peringatan dengan bunyi "penghasilan anda berisiko - satu atau beberapa situs anda tidak memiliki file ads.txt. perbaiki hal ini sekarang agar tidak berdampak buruk pada pendapatan anda" membuat kita para blogger agak resah.

Peringatan ini muncul sudah sejak lama. Saya sendiri juga masih mendapatkan notifikasi untuk memasang ads txt. Padahal ads txt sudah terpasang sejak google adsense memberikannya. Hal yang menjadi kekhawatiran banyak blogger adalah masalah ini nantinya akan berakibat buruk. Seperti iklan adsense yang blank atau tidak tayang sama sekali di blog.

Buat kamu yang juga mengalami masalah ini, pastikan sudah membaca artikel saya sebelumnya tentang peringatan ads txt juga muncul pada blog yang tidak aktif monetisasinya.

Saya sendiri juga sudah mencari-cari informasi terkait masalah ini. Hingga akhirnya saya mendapatkan postingan orang yang menanyakan masalah ini di forum bantuan google adsense.

Orang tersebut bertanya "kenapa saya sudah menambahkan file ads.txt tapi masih mendapatkan peringatan di akun google adsense".

Kemudian ada jawaban dari pakar yang menjelaskan bahwa sebenarnya google sudah tahu masalah ini. Tapi sayangnya belum ada update terbaru lagi terkait masalah ini. Berikut screenshot jawaban lengkapnya.

Masalah peringatan ads txt tidak mau hilang

Bagi kamu yang ingin membaca postingannya langsung silahkan otw ke link ini.

Kemudian buat kamu yang iklan adsensenya terlanjur blank alias tidak muncul akibat masalah ini, silahkan gunakan pemecah masalah pada link ini https://support.google.com/adsense/troubleshooter/7049023?hl=en. Silahkan isi dan ikuti petunjuknya hingga selesai.

Kemudian untuk memastikan bahwa munculnya peringatan ads.txt di akun adsense kamu bukan karena kesalahan kita sendiri (murni eror dari sistem) silahkan cek menggunakan beberapa parameter berikut ini:

  1. Pastikan cek situs mana yang mengalami masalah ads txt. Caranya buka akun google adsense > klik situs. Jika pada situs tersebut memang sudah terpasang ads txt, silahkan lanjut ke bagian 2.
  2. Pastikan ads txt bisa diakses baik menggunakan http, https, www maupun tanpa www. Jika ads txt bisa di akses menggunakan alamat https://www.domain.com/ads.txt namun tidak dengan alamat domain.com/ads.txt, silahkan periksa konfigurasi dns domain.
  3. Pastikan Ads txt tidak di blokir oleh robot txt.

Contoh ads.txt yang perayapannya dilarang oleh robot txt:


User-agent: *
Disallow: /ads

Pastikan tidak ada parameter yang melarang crawling ads txt, contohnya punya saya seperti ini:


User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Jika semua parameter di atas tidak ada masalah, maka berarti warning ads txt yang muncul adalah murni kesalahan sistem. Kita tunggu penyelesaian langsung dari tim google. Seharusnya notifikasi tersebut akan hilang jika sudah ada update terbaru dari google.

Oiya sekedar informasi, sekarang error ads txt sudah tidak ada lagi. Jika Anda masih mengalami masalah ini, silahkan Anda baca tutorial di atas
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TipsdanTrik.web.id

Tambahkan aplikasi TipsdanTrik di smartphone tanpa install, buka TipsdanTrik dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TipsdanTrik dari layar utama smartphone Anda.