--> Skip to main content

Cara Mengatasi Duplicate Title Tags Halaman Pencarian [Max-Result]

Masalah duplikat konten akibat halaman pencarian ini dulu sempat membuat saya pusing. Karena saya cari di google tidak ada yang mempan mengatasi masalah ini. Setelah pusing akhirnya saya iseng bertanya disebuah forum, dan akhirnya saya mendapatkan solusi dari duplikat halaman pencarian ini.

Bagaimana cara mengecek apakah terjadi duplikat halaman pencarian dan bagaimana ciri-cirinya?

Untuk mengecek apakah terdapat duplikat hasil pencarian mudah silahkan buka Google Webmaster > Masuk ke blognya > Search Appearance > HTML Improvment dan pilih Duplicate Title Tags. Kemudian akan tampil halaman seperti di bawah ini.
Duplikat halaman pencarian
Duplikat Halaman Pencarian

Kamu mungkin akan mendapat duplikat yang lain, silahkan baca cara mengatasi duplikat content di blogger. Perhatikan kembali gambar di atas, link yang ada kata /search itu namanya duplikat akibat mesin pencari mengindeks halaman pencarian.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara mengatasinya juga sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut:
  1. Buka kembali Google Webmaster
  2. Pilih menu Crawl (Perayapan)
  3. Pilih URL Parameters

Kemudian perhatikan disana kamu akan menemukan parameter max-results dan update-max. Silahkan atur kedua parameter tersebut seperti gambar di bawah ini.
cara mengatasi max-results

Sehingga hasil akhirnya akan tampak seperti ini:
cara mengatasi duplikasi halaman pencarian

Setelah selesai tunggu selama beberapa hari hingga google mengindeks ulang blog biasa paling lama sampai satu bulan. Karena google akan mengindeks secara keseluruhan data blog satu bulan sekali. Cara ini sudah saya terapkan dan terbukti berhasil. Semula duplikat akibat pencarian jumlahnya sampai puluhan sekarang tinggal 4 saja. Sekian cara mengatasi duplikat title tag akibat halaman pencarian semoga bermanfaat.

Best Regards,
+pemulung jalanan



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TipsdanTrik.web.id

Tambahkan aplikasi TipsdanTrik di smartphone tanpa install, buka TipsdanTrik dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TipsdanTrik dari layar utama smartphone Anda.